Perlengkapan untuk Kelas Ballet

Banyak loh ‘perabot’ yang harus dibawa oleh seorang ballerina waktu kelas ballet! Well, paling engga saya. Perabot wajib yang harus saya bawa sewaktu kelas:

  1. Ballet shoes

    Pasti dong! Ballet shoes ini sepatu nari yang lunak, bisa dari canvas, kulit, ato kain sesuatu yang saya lupa namanya.

    Source: www.thedancerswardrobe.co.nz

    Ballet Soft Shoes

  2. Pointe shoes

    Untuk kelas ballet yang lebih tinggi biasanya latihannya menggunakan pointe shoes. Perbedaan signifikan antara pointe shoes dan ballet shoes, kalo pointe shoes itu ujungnya keras, kaya batu. Karena ujung yang keras inilah seorang ballerina bisa berdiri (er sebenernya berjinjit) di ujung jarinya. En pointe!

    Pointe Shoes

  3. Leotard
    Leotard adalah pakaian dengan bahan lentur dan ngepas di badan, biasa digunakan untuk menari atau gymnastic. Bentuknya sih kaya baju renang, menutup badan bagian atas yang menyambung sampai menutup pantat, namun membiarkan paha ke bawah terbuka. Ngapain sih ya mau nari aja mesti seksi-seksi amat? Nah, fungsi leotard ini supaya postur tubuh kita terlihat jelas, sehingga apabila ada keasalahan langsung terlihat dan langsung bisa dibenarkan.Di Arabesque Ballet Studio, tempat saya ballet, setiap kelas memiliki warna leotard yang berbeda. Kebetulan kelas saya kebagian leotard warna royal blueseperti di gambar. AAAAK SUKAAAKK!!

    http://adancersdays.blogspot.com

    Leotard

  4. Stocking

    Berhubung leotard tuh sedemikian terbuka, kan kasian kalo kakinya telanjang. Jadinya pake stocking deh. Biasanya warna krem, putih, atau pink. Jarang yang warna gelap kaya hitam gitu.Yang berbeda antara stocking untuk ballet dan stocking biasa adalah, selain bahannya lebih tebal (biasanya warna kulit di baliknya sampai ga keliatan), stocking untuk ballet memiliki lubang di telapak kakinya, seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah. Buat apa si lubang ini? Ketika menari, sering kita harus mengecek keadaan kaki kita, terutama ketika sedang pakai pointe shoes. Nah ini lah gunanya si lubang. Kita bisa melihat kaki kita, dengan cara mengeluarkannya dari lubang seperti pada gambar di bawah. Kalau ga ada lubangnya? Ya mesti ke kamar mandi atau ruang ganti dulu. Lepas leotard dulu, lepas stocking dulu. Baru tuh bisa liat kaki. Repot kan?

    Ballet Stocking

  5. Chiffon Skirt

    Ballet Chiffon Skirt

    Ada beberapa anak yang mungkin tidak nyaman menari dengan menggunakan leotard  dan stocking saja. Mungkin merasa terlalu terbuka, atau terlalu takut dengan selangkangannya sendiri. Maka, ini lah gunanya si rok ballet ini. Biar si pantat ga terlalu ke mana-mana. Pada beberapa kelas ballet, anak-anaknya diseragamkan untuk mengenakan rok ini, dan beberapa tidak. Sebenarnya lebih bagus kalo ga pake rok, jadi seluruh tubuh lebih keliatan posisi-posisinya, dan lebih keliatan kalo ada yang salah.

Nah kalau keempat perabot di atas adalah perabot wajib yang ga boleh sampai ketinggalan, masih ada lagi perabot tambahan yang biasanya saya bawa waktu menari.

  1. Plester 3M

    Plester 3M (ini nama merk) itu.. ya plester sih. Biasanya dipakai untuk menempelkan kasa steril ke luka. Jadi ya dia memang untuk ditempelkan ke kulit. Di kelas ballet, plester 3M ini sahabatnya ballerina banget waktu lagi sesi pointe shoes. Di balik cantiknya pointe shoes, dia itu menyiksa banget! Seperti yang tadi sudah saya tulis, saat memakai pointe shoes itu kita harus berdiri di ujung jari kaki. Nah pas itu, pinggir-pinggir kaki akan sering bergesekan dengan pointe shoes, dan itu sakitnya luar biasa. Apalagi kalau sudah lecet, terus masih harus dipaksa nari.Nah, di situ lah fungsinya 3M. Seorang ballerina yang telah beberapa kali menggunakan pointe shoes (dan merasakan derita lecet-lecet) biasanya sudah mengenal baik kaki dan pointe shoesnya: dia sudah bisa memperkirakan lokasi kaki yang nanti akan lecet waktu memakai pointe shoes. Nah, di lokasi itulah dia menempelkan 3M.Nari cantik, kaki cantik! :D

    thefind.com

    Plester 3M

  2. Sisir, ikat rambut, bun maker..
    Selama menari, rambut tidak boleh sampai mengganggu gerakan. Ga lucu kan kalau sebentar-bentar sibak rambut atau benerin poni. Ga lucu juga kalau lagi latihan muter, mata kita jadi pedih gara-gara terpecut (naon deh terpecut) sama ujung rambut.Nah, makanya rambut kita harus selalu rapih. Minimal sih diikat, walaupun sebenernya itu ga boleh. Yang bener tuh harusnya di-bun. Ga cukup di-bun, sisa-sisa rambut yang keleweran pun harusnya dijepit rapi. Tapi berhubung saya gabisa bikin bun dengan cepat dan rapi, biasanya rambut saya di-pony-tail aja, lalu dijepit yang ada hair netnya. Close enough :|
  3. Contact Lenses
    Berhubung mata saya ber-minus, saya mesti pakai contact lenses selama nari. Well, pilihan lain adalah menari dengan kacamata dan berkemungkinan harus 50 kali bolak-balik ambil kacamata yang kelempar kalo lagi latian pirrouette, atau sama sekali ga pake kacamata yang mana adalah tidak mungkin bagi saya karena minus saya sekarang hampir 5. -__-
  4. Syllabus, catatan, dan alat tulis
    Biar ga bodo banget di kelas.
  5. Botol minum (dan airnya)
    Buat yang belum tau, menari satu jam itu luar biasa loh capenya. Sekalipun itu ballet, yang bila dilihat sekilas gerakannya memang lembut-lembut cantik. Namun sebenarnya, untuk men-support setiap gerakan agar kencang dan indah, seorang ballerina menggunakan kombinasi berbagai otot. Dan itu tentu melelahkan. Belum lagi kalau ada gerakan yang banyak lompatnya. Banjir keringat! Nah makanya air minum ini wajib dibawa kalau kita tidak mau gelepar-gelepar kehausan.
  6. Counterpain (atau sejenisnya)
    Like people said, “Ballet is a sport.”. Jangan kira ballet itu cantik-cantikan menye-menyean doang loh! Tiap gerakan, itu memerlukan kekuatan otot. Dan gak jarang, ada bagian-bagian tertentu yang pasti bakal selalu pegel, seperti misalnya punggung kaki, terutama kalo abis sesi pointe work (latian yang full pakai pointe shoes). Di sini lah perlu nya counter pain atau pereda nyeri lainnya! Bukannya centil, tapi dari pada sampe besoknya masih sakit dan malah mengganggu latian selanjutnya?

Yah, makanya setiap kelas ballet itu senggaknya saya bawa satu tas tambahan untuk  bawa itu semua. Yay rebek tapi tetap senang! :D

Previous Post
Next Post
Leave a comment

4 Comments

  1. stefani

     /  December 13, 2012

    Beli plester 3M dimana yaa kalo boleh tahu? Saya cari dimana2 ga ketemu nih.. makasih..

    Reply
    • arkalisa

       /  December 13, 2012

      Halo Stefani.
      Biasanya saya dapet di apotek, karena aslinya plester 3M itu buat nempelin perban.

      Oiya, kalau tempat lecetnya masih di sekitar2 jari kaki, coba pake toe pad yang dari silikon. Emang mahal, sekitar 150-200 ribuan, tapi worth it banget.

      Selamat mencoba :)

      Reply
  2. donna

     /  December 18, 2013

    Please info, asap.. sy perlu leotard putih tangan panjang untuk anak usia 7,5thn bisa cari dimana yah ? sy perlu untuk pentas hari selasa 24/12, thanks

    Reply
  1. Ballet Classes I Teach « Sugar Klum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 29 other followers

%d bloggers like this: